Saturday, July 21, 2012

Pengalaman Kena Cacar


Cacar
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus herpes varicella-zoster dan merupakan penyakit menular. Penularannya dapat melalui kontak langsung dapat terjadi melalui cairan pernafasan dan kontak langsung dengan kulit penderita. Ruam pada kulit yang mulai merekah dan pecah sangat menular. Kontak tidak langsung terjadi melalui udara. Menghirup udara yang mengandung kuman virus herpes varicella-zoster dapat menyebabkan seseorang terserang cacar air.

Hampir setiap orang pernah mengalami cacar air. Namun, pada umumnya penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak usia 2-8 tahun.

Gejala
Juli 2012, pas banget disaat awal bulan ramadhan saya terkena cacar air. Hari ke-1 ketika bangun tidur dipagi hari badan terasa sangat lemas dan agak demam. kemudian malamnya demam semakin panas dan badan semakin lemas. Hari ke-2 keadaan masih sama namun ditambah sakit kepala ketika malam muncul bintik (ruam merah) 2 atau 3 biji seperti gigitan nyamuk. Hari ke-3 semakin banyak ruam namun tidak begitu lemas bahkan saya sempat berjoget2 ria mendengarkan lagu "What makes you beautiful by One Direction". namun akhirnya beberapa jam kemudian pergi ke rumah sakit karena saya mengira ini adalah cacar. Setelah bertemu dokter ternyata benar ini ada cacar air, dan beberapa obat yang diberi :
1. Salep acyclovir
2. Tablet acyclovir 400mg
3. paracetamol (untuk demam)
4. Imudator

Masalah lain muncul (Sariawan)
Selain demam dan ruam, ada masalah lain yaitu sariawan. mungkin ini yg menyebabkan bagi beberapa orang mungkin cacar mengurangi nafsu makan. solusi tercepatnya teteskan 10 – 15 tetes Albothyl (bisa dibeli di apotik) ke dalam 1 gelas air (200 ml). Kumur – kumur selama ½ - 1 menit. Kumur ulang dengan air putih matang untuk membilas. Kemudian teteskan Albothyl ke cotton bud, lalu oleskan dan tekan selama ½ menit pada luka sariawan, sampai meresap dan memutih.

Lama Penyembuhan
Pada hari ke-3 sampai hari ke-5 mungkin cacarnya akan sangat gatal, dan yg pecah akan sangat perih, disarankan jangan sampai pecah karena akan membuat cacar semakin menyebar dan penyembuhan semakin lama. hari ke-6 mulai terlihat kesembuhan, cacar mengempis. dan berangsur-angsur sembuh. Tentunya ini semua berkat disiplin makan dan minum obat. Biasanya cacar akan sembuh dalam waktu 10-21 hari.

1 comments:

makasih ya atas infomasinya :)
kebetulan saya laki2 usia 29 baru terkena cacar air, ampun deh..rasanya itu ga enak banget ya :'(
dan saya bakalan dapet kenangan banyak banget nih dr cacar ini,, sampe kemuka muka lg :/
tp sekarang alhamdulillah saya tinggal menunggu pemulihannya aja ..

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More